Koservasi Arsitektur

BAB IV
USULAN PENAGANAN PELESTARIAN

4.1       Pengertian Preservasi
            Preservasi adalah kegiatan untuk melestarikan sesuatu untuk tujuan tertentu. Kegiatan preservasi bisa diartikan merawat (maintain), dan membangun ulang (rebuild). Sehingga Preservasi bisa diartikan adalah melestarikan suatu objek, baik dengan merawat (jika objek tersebut masih utuh sesuai aslinya) maupun membangun ulang objek tersebut (jika objek tersebut sudah rusak/hilang sama sekali).Tujuan mempreservasi adalah untuk menjadikan suatu objek, biasanya yang mempunyai nilai historik yang tinggi, agar tetap seperti adanya dengan maksud untuk dijadikan sebagai pelajaran, acuan, maupun bahan kajian yang bernilai hisorik.
4.2       Usulan dan Penaganan
            Dari hasil survey yang telah di lakukan di cagar budaya marunda banyak yang harus di rubah dan  menembangkan kembali cagar budaya yang dulu pernah menjadi tempat wisata di jakarta utara.
1.                  Masih Kurang nya pemeliharan terhadap tempat wisata pinggi pantai
            Ini  jelas ketika orang berdatangan untuk mengunjungi salah satu  icon kota jakarta utara yang terdapat legenda dari zaman dahulu kurangannya pemeliharan dana penatan tempat tempat dan akses menuju lokasi site  


Gambar 4.1
Upaya yang bisa di lakukan yaitu dengan meperbaiki sarana dan prasarana yang berada di lokasi site menjadi lebih baik lagi agar terlihat nyaman dan indah.


2,         Pengelolahan Manajemen
          Seperti yang di ketahuin cagar budaya marunda rumah si pitung merupakan salah satu destinasi tempat wisata bagi khalangan masyarakan bawah hingga ke atas.dengan system yang hanya meraut keuntungan dengan random menjadi pengelolaan dalam manjemen di tempat tersebut kurang baik.
Gambar 4.2
Upaya memperbaiki pengelolaan manajem bagi kawasan cagar budaya marunda rumah si pitung agar manajemen pengelola bisa menjadi lebih baik lagi dengan menerapkan system  ticketing untuk destinati wisata rumah pitung atau wisata pantai nya tidak hanya dengan  meraup keuntungan semata bagai warga sekitar.

            Secara garis besar wisata cagar budaya marunda rumah si pitung ini merupakan destinasi terbaik di kota jakarta utara selain kota tua hanya saja harus lebih deperhatikan lagi kenyaman dan akses yang nyaman bagi pengunjung atau penaatan ulang tempat wisata pantai supaya agar lebih banyak menarik pengunjung untuk berwisata ke tempat tersebut dan mengupyakan bantuan pemerintah untuk memperbaiki dan mengelola ulang tempat wisata tersebut agar lebih bagus dan indah.

Comments